KONTRIBUSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Asri Nur Azizah

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui 1)kualitas layanan perpustakaan; 2)kepuasan peserta didik; 3)kontribusi kualitas layanan terhadap kepuasan peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan. Pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi seluruh siswa pada tahun 2016/2017. Penentuan jumlah sampel dengan rumus Slovin, tingkat kesalahan 5%, n=1019. Jumlah sampel 287. Teknik sampling menggunakan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis uji normalitas dan uji linieritas. Metode analisis dengan persentase dan regresi sederhana. Hasil penelitian: (1)kualitas layanan perpustakaan masuk kategori baik(74,46%), layanan perpustakaan memiliki kualitas baik dan petugas memberikan layanan maksimal; (2)kepuasan peserta didik masuk kategori puas(72,85%), peserta didik merasa puas dalam memanfaatkan perpustakaan; (3)terdapat kontribusi dari kualitas layanan perpustakaan terhadap kepuasan peserta didik. Ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,803 dan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,645. Hasil ini menunjukan bahwa kualitas layanan berkontribusi sebesar 64,5% terhadap kepuasan peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.