PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK BERDASARKAN PERSEPSI PENGAWAS DAN GURU DI SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Solihatun Asriah

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) persepsi pengawas terhadap pelaksanaan supervisi akademik sebagai pihak pelaksana supervisi akademik; dan (2) persepsi guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik sebagai pihak yang disupervisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh guru di SMP N se-kota Yogyakarta yang berjumlah 16 SMP Negeri di kota Yogyakarta, dengan guru berjumlah 658 guru serta 4 pengawas satuan pendidikan tingkat SMP, kemudian peneliti menggunakan teknik cluster random sampling pada pengambilan sampel guru di SMP N se-kota Yogyakarta dengan guru yang berjumlah 179, dan pada populasi pengawas yang berjumlah 4 orang. Instrumen pengumpulan data dengan angket skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, dan menggunakan teknik validitas isi. Hasil uji validitas variabel pelaksanaan supervisi akademik dalam penelitian ini reliabel karena item pertanyaan mempunya nilai corrected item-total correlation >0.30 sehingga denyatakan valid, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini termasuk data bersifat kuantitatif dengan hasil persentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) pelaksanaan supervisi akademik menurut persepsi pengawas dalam kategori “sangat baik” dengan rata-rata persentase sebesar 83,40%; (2) persepsi guru mengenai pelaksanaan supervisi akademik dalam kategori “kurang baik” dengan rata-rata persentase sebesar 60,48%.
Kata kunci: persepsi guru,pengawas, supervisi akademik
Implementation Of Supervision Academic Based On Perception Supervisor And Teachers All State Junior High School Of Yogyakarta
Abstrack
This research to aims find out: (1) perception of supervisor to implementation of accademic supervision as implementers accademic supervision; and (2) perception of teacher to imlementation accademic supervision as a supervised side. This research constitute research of descriptive. Population in this research are all teacher at Junior High School of Yogyakarta, wich amounts 16 Junior High School in Yogyakarta. Wich teacher amounts 658 and supervisor unit level education of Junior High School. Then, the research used a technique cluster random sampling on taking sample of techers amounts 179, and the supervision population wich amounts 4 people. The data collectetion instrument quesioner with a likert schale. The validity of instrument using formula product moment and using content validity technique. The result of the test variable validity implementation of accademic supervision in this realible research because the question item has a value corrected item-total correlation > 0,30 so declare valid, while test of instrument of reability using Alpha Cronbach. Teqnique of data analysis in this research including quantitative data with result precentage. The result of research point out of as follows: (1) implementation of accademic supervision according to the perception of supervisor category “very good” with an average precentage of 83,40% (2) perception of techer on the implementation of accademic supervison in category “ploorly” with an average precentage of 60,48%.
Keywoard: perception of teachers, supervisor, accademic supervision

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.