PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEPUASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2014/2015

Muhammad Fakih Wicaksana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap kepuasan belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMAN 1 Sedayu tahun ajaran 2014/2015. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data, dilakukan uji normalitas dan uji linearitas. Teknis analisis data yang digunakan yaitu pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan data masing-masing variabel berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Pada analisis regresi sederhana koefisien korelasi (rxy) 0,1125 lebih besar dari rtabel 0,104 yang berarti pengelolaan kelas memiliki hubungan positif terhadap kepuasan belajar. Setelah uji t diperoleh thitung 1,984 lebih besar dari ttabel 1,651 pada signifikansi F 0,048 yang berarti pengelolaan kelas oleh guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan belajar. Persamaan regresi diperoleh Y = 35,534 + 0,056X menunjukkan nilai pengelolaan kelas meningkat 1 poin, maka nilai kepuasan belajar meningkat sebesar 0,056. Pengelolaan kelas memiliki pengaruh sebesar 1,6% terhadap kepuasan belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.