STRATEGI PUBLIC RELATIONS LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR CABANG HOS COKROAMINOTO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK

Fitriana Rachmawati Habilla

Abstract


      Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi public relations dan manajemen strategi public relations Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto dalam usahanya meningkatkan jumlah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) strategi yang digunakan yaitu strategi publikasi dan strategi pembentukan citra positif, (2) manajemen strategi public relations yaitu (a) penyusunan strategi didasarkan pada rapat pusat dimana Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto hanya melaksanakan strategi yang sudah disediakan oleh pusat karena sistem Franchise, (b) pelaksanaan strategi sudah sesuai dengan perencanaan meskipun ada beberapa hambatan yang dia Tutoring Agency in the branch of HOS Cokroaminoto lami, (c) hasil evaluasi menunjukkan bahwa strategi public relations Lembaga Bimbingan Belajar cabang HOS Cokroaminoto terbukti dapat meningkatkan jumlah peserta didik dimana pada jenjang SMP strategi yang dilaksanakan sangat berhasil dibandingkan dengan jenjang SD dan SMA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.