PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMK DAN SMP INSAN CENDEKIA YOGYAKARTA

Dume Rosi Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di
SMK dan SMP Insan Cendekia dilihat dari aspek: penyusunan program; penerapan prinsip; penerapan
pendekatan; penerapan teknik; tindak lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
analisis kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah serta guru. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis
data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1)
Kepala SMK menyusun dokumen program supervisi akademik mencantumkan tujuan dan sasaran, jadwal
serta instrumen. Kepala SMP membuat surat tugas, jadwal, menyiapkan instrumen. (2) Kepala SMK
menerapkan prinsip kooperatif, berkesinambungan, humanis. Kepala SMP menerapkan prinsip
kooperatif, demokratis, konstruktif, kekeluargaan. (3) Kepala sekolah menerapkan pendekatan
kolaboratif. (4) Teknik yang diterapkan yaitu kunjungan dan observasi kelas, pertemuan individu, rapat.
(5) Hasil supervisi akademik dimanfaatkan kepala sekolah sebagai dasar melaksanakan pembinaan, yaitu
mengadakan seminar dan penataran dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten
Sleman atau Amikom.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.