KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SE-KECAMATAN BANGUNTAPAN YANG BERAKREDITASI “A”

Fitriani Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan sesuai
Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD), segi edukatif, segi teknik, segi estetika di
Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kecamatan Banguntapan yang berakreditasi A.Penelitian ini penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Setting penelitian di TK se-Kecamatan Banguntapan. Metode pengumpulan data
menggunakan angket, observasi, studi dokumen. Subjek penelitian24 TK se-Kecamatan Banguntapan yang
berakreditasi A. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.Hasil penelitian adalah ketersediaan
sarpras dilihat dari Standar Sarana dan Prasarana PAUD skornya 88.6% artinya sudah sesuai standar sarpras
PAUD. Segi edukatif skornya 87.1% artinya mendukung pembelajaran, sesuai kemampuan anak, mendorong
aktivitas/kreaktifitas, strategis. Segi teknik skornya 87.1% artinya sesuai tujuan/fungsinya, sesuai konsep, awet,
warnanya awet, mudah digunakan, aman, luwes. Segi estetika skornya 85.8% artinya indah, ukurannya sesuai
umur, dicat cerah, bisa digunakan. Kondisi sarpras di TK se-Kecamatan Banguntapan yang berakreditasi Arata-rata
85.47% artinya kondisi masih layak digunakan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.