PENGOLAHAN KOLEKSI BUKU SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI PERPUSTAKAAN STPP (SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN) MAGELANG

Krisna Pujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengolahan koleksi buku sebagai sumber belajar di perpustakaan STPP Magelang yang meliputi bagaimana pengolahan buku, hambatan, dan upaya mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui : (1) Terdapat tujuh tahap pengolahan koleksi buku perpustakaan STPP Magelang yaitu inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyandian, pembuatan kartu dan kantong buku, penyusunan kartu katalog, dan penyusunan buku di rak. (2) Hambatannya adalah : a) petugas belum memahami sepenuhnya tentang sistem klasifikasi, b) masih terdapat buku tidak sesuai penempatannya, c) terdapat kesalahan teknis penyandian, d) format katalogisasi pada penulisan penyandian masih belum sesuai standar penulisan, dan e)  hanya terdapat satu jenis katalog yaitu katalog judul. (3) Upaya penanganannya adalah : a) melihat kode buku terdahulu yang serupa untuk referensi, b) rutin melakukan pengecekan, c) perpustakaan hendaknya memiliki standar baku penyandian, d) perpustakaan hendaknya memiliki pedoman baku katalogisasi, dan e) melakukan penambahan katalog yang lain.

 

Kata Kunci : Pengolahan koleksi buku, sumber belajar, perpustakaan STPP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.