PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN (SIMP) BERBASIS ONLINE DI SMP N 1 DELANGGU

Sambodo Hestu Budoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kebijakan SIMP Berbasis Online di SMP N 1 Delanggu, (2) Implementasi SIMP Berbasis Online, (3) Faktor pendukung dan penghambat SIMP Berbasis Online, (4) Manfaat Penerapan SIMP Berbasis Online.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di SMP N 1 Delanggu. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala bagian SIM sekolah, kepala perpustakaan SMP N 1 Delanggu, 1 orang guru, dan dokumentasi pengelolaan SIMP berbasis Online. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pengelolaan SIM yang berbasis Online di SMP N 1 Delanggu adalah SIAKAD dan Sistem Informasi Perpustakaan. (2) Implementasi pengelolaan SIMP berbasis Online terdiri dari tahap perencanaan, tahap pengorganisasian, tahap pelaksanaan, dan tahap pengawasan. Pengelolaan perpustakaan menggunakan aplikasi Slim Akasia. (3) Hambatan dan solusinya adalah mengenai sumber daya manusia dan faktor perangkat jaringan. Solusi yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi. (4) Manfaat penerapan SIMP berbasis Online di SMP N 1 Delanggu adalah memudahkan kepala sekolah memantau kinerja guru dan guru semakin mudah dalam melakukan pengelolaan nilai. Aplikasi Slim Akasia memudahkan pustakawan dalam melakukan pengelolaan perpustakaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.