KONTRIBUSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BANTUL

Karenina Parastika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kontribusi komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah guru SD Negeri Se Kecamatan Bantul dari 17 sekolah berjumlah 202 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 132 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kontribusi komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bantul. Hal ini dibuktikan dari nilai = 7,325 lebih besar dari nilai = 1,978 dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Hasil analisis juga diperoleh nilai koefisien korelasi positif sebesar 0,541. Nilai koefisien determinasi menunjukkan  sebesar 0,292, nilai tersebut berarti 29,2% perubahan pada variabel kinerja guru dapat diterangkan oleh komunikasi interpersonal, sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.