Sosialisasi Politik KPU Kota Surabaya Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020

Ahmad Dafa Maulana, sri hartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi dan pelaksanaan serta mengidentifikasi hambatan sosialisasi politik KPU Kota Surabaya dalam Pilkada 2020. Merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Penentuan subjek secara purposive. Sebagai subjek Ketua KPU Kota Surabaya, Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Politik Parisipasi Masyarakat dan SDM, PPK Tenggilis dan PPK Rungkut serta satu pengamat politik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cross check. Analisis data secara induktif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: (1) Strategi sosialisasi politik kepada pemilih KPU Kota Surabaya dalam Pilkada 2020 di masa pandemi menggunakan strategi yang lebih banyak pendekatan dengan teknologi informasi. (2) Pelaksanaan strategi sosialisasi politik kepada pemilih KPU Kota Surabaya baling banyak melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube serta media elektronik lain seperti televisi dan radio. (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan sosialisasi politik kepada pemilih yaitu kurangnya jaungkauan terhadap selruh lapisan elemen masyarakat dan adanya masyarakat yang apatis terhadap pelaksanaan Pilkada 2020 tersebut dikarenakan masyarakat Surabaya yang beragam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.