ANALISIS FUNGSI LAGU PENGIRING DALAM UPACARA NGERUWAT RAMBUT GIMBAL DI DESA DIENG KULON KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA

Onie Regina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi bahasa yang dipakai pada upacara ngeruwat rambut gimbal di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Subjek penelitian ini adalah  bahasa dalam upacara ngeruwat rambut gimbal di Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara. Adapun objek penelitian ini meliputi bentuk bahasa dan fungsi bahasa yang digunakan dalam upacara ngeruwat rambut gimbal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) bentuk bahasa dalam upacara Ngeruwat Rambut Gimbal di Desa Dieng Kulon dapat dikategorikan berdasarkan bentuk tunggal, kompleks, dan frasa, (2) fungsi bahasa yang ditemukan dalam upacara Ngeruwat Rambut Gimbal di Desa Dieng Kulon secara garis besar ada dua, yaitu fungsi representative dan fungsi instrumental. Fungsi representative terdiri dari fungsi melaporkan, menjelaskan, dan pernyataan. Sementara itu fungsi instrumental terdiri dari fungsi imbauan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.