PENGARUH TERPAAN BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN (Survey terhadap Mahasiswa Teknik Rias FT UNY Peminat Maybelline The Powder Matte yang Dipengaruhi Vlog Sarah Ayu)
Purna Dhatu Martani,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Suranto Aw,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh terpaan beauty vlogger terhadap minat beli produk kecantikan Maybelline The Powder Matte. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah Ex-PostFacto.Β Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang termasuk dalam kategori mahasiswa aktif Prodi Teknik Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yaitu seluruh mahasiswa angkatan 2016 β 2018.Β Pengolahan data hasil kuesioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Prodi Teknik Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dengan jumlah 115 mahasiswa aktif pada tahun 2016 - 2018. Seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian sensus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif antara terpaan beuaty vlogger terhadap minat beli produk kecantikan Maybelline The Powder Matte oleh mahasiswa Teknik Rias FT UNY yang diperoleh dari korelasi Product Moment dimana πβππ‘π’ππ lebih besar dari ππ‘ππππ (0,364 > 0,195). Hasil dari uji signifikansi menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan jika hipotesis diterima sehingga terdapat pengaruh positif antara Terapaan Beauty Vlogger terhadap minat beli produk kecantikan Maybelline The Powder Matte mahasiswa Teknik Rias FT UNY.
Copyright (c) 2019 Purna Dhatu Martani, Suranto Aw
Β
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative CommonsΒ Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.