PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SEJARAH PADA POKOK BAHASAN INDONESIA PADA MASA HINDU-BUDHA KELAS VII SMP
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari
sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dengan beberapa tahap, yaitu: 1) Penelitian
awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) uji coba
lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil produk
uji lapangan utama, 8) uji pelaksanaan produk, 9) revisi akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil
penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data peningkatan minat belajar melalui
cara pengukuran yang mengadaptasi dan memodifikasi menurut cara mengukur menurut Super dan
Crities yaitu melalui pernyataan senang dan tidak senang, pengamatan langsung, dan pretest dan posttest.
Hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan Indonesia pada
masa Hindu-Budha memperoleh penilaian layak dari ahli materi, ahli media, dan uji lapangan. Sementara
itu hasil implementasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif IPS Sejarah pada pokok
bahasan Indonesia pada masa Hindu-Budha dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP
Negeri 2 Trucuk, Kabupaten Klaten
sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dengan beberapa tahap, yaitu: 1) Penelitian
awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) uji coba
lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi hasil produk
uji lapangan utama, 8) uji pelaksanaan produk, 9) revisi akhir. Kelayakan produk didasarkan pada hasil
penilaian ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna. Data peningkatan minat belajar melalui
cara pengukuran yang mengadaptasi dan memodifikasi menurut cara mengukur menurut Super dan
Crities yaitu melalui pernyataan senang dan tidak senang, pengamatan langsung, dan pretest dan posttest.
Hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS Sejarah pada pokok bahasan Indonesia pada
masa Hindu-Budha memperoleh penilaian layak dari ahli materi, ahli media, dan uji lapangan. Sementara
itu hasil implementasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif IPS Sejarah pada pokok
bahasan Indonesia pada masa Hindu-Budha dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP
Negeri 2 Trucuk, Kabupaten Klaten
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.