PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber
belajar, (2) mengetahui jenis lingkungan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan, dan (3)
mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Pengampu mata pelajaran IPA
sebanyak 1 orang, dan siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik
triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dilakukan secara
variatif yaitu pada saat proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas; (2) jenis lingkungan sebagai
sumber belajar yang digunakan adalah taman, kebun sekolah, dan sawah yang berada di sekitar
lingkungan sekolah; dan (3) kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar yaitu guru kurang mampu mengkondisikan siswa, memerlukan
banyak waktu dalam proses pelaksanaannya, siswa kesulitan dalam merangkum hasil pembelajaran, dan
terbatasnya sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar sekolah
belajar, (2) mengetahui jenis lingkungan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan, dan (3)
mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemanfaatan sumber belajar. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Pengampu mata pelajaran IPA
sebanyak 1 orang, dan siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik
triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dilakukan secara
variatif yaitu pada saat proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas; (2) jenis lingkungan sebagai
sumber belajar yang digunakan adalah taman, kebun sekolah, dan sawah yang berada di sekitar
lingkungan sekolah; dan (3) kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber belajar yaitu guru kurang mampu mengkondisikan siswa, memerlukan
banyak waktu dalam proses pelaksanaannya, siswa kesulitan dalam merangkum hasil pembelajaran, dan
terbatasnya sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekitar sekolah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.