KONTRIBUSI METODE “ICT PROJECT” DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Pembangunan 4 Playen Gunungkidul Pada Semester Genap T.A. 2014/2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kontribusi penerapan metode ICT project dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Pembangunan 4 Playen pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Subyek penelitian adalah murid-murid yang terlibat dalam kegiatan ICT project, guru, kepala sekolah, dan karyawan. Sedangkan obyek penelitian adalah kontribusi penerapan metode ICT project dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ICT project dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Pembangunan 4 Playen pada semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 memberikan kontribusi peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan indikator kondisi motivasi siswa berupa attention (perhatian), relevance (relevansi), confidence (kepercayaan diri), dan satisfaction (kepuasan) yang tinggi dan positif selama pembelajaran. Selain berkontribusi meningkatkan motivasi siswa, penerapan ICT project juga memberikan murid-murid bekal keahlian/skills manusia abad 21 berupa kemampuan berkolaborasi (collaboration), kemampuan memanfaatkan ICT (use of ICT for learning), dan kemampuan berkomunikasi (skilled communication)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.