PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IIIB SD NEGERI BHAYANGKARA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada pelajaran matematika siswa kelas IIIB SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, peneliti sebagai observer yang berkolaborasi dengan guru kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIB SD Negeri Bhayangkara yang berjumlah 28 siswa pada tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi motivasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IIIB SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta. Quantum Teaching dengan sistem (TANDUR) Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan mampu menciptakan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, menjadikan siswa lebih termotivasi untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, dan setiap usaha yang dilakukan siswa akan dihargai. Rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 58,09%, meningkat di siklus I pertemuan 2 menjadi 64,76%. Pada siklus II pertemuan1 terjadi peningkatan menjadi 72,38%, dan pada siklus II pertemuan 2 diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa menjadi 79,76%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.