PEMANFAATAN WEBSITE ISIGOOD.COM SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS NON-KURIKULER DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ade Ibnu Fajar, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan website isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler bagi para pembacanya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan penelitian adalah pembaca website isigood.com yang berjumlah 400 orang. Data primer diambil dengan metode kuesioner dengan angket sebagai instrumennya. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah dimanfaatkan secara optimal. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian pemanfaatan website isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler sebesar 76,8% yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil tersebut dapat diperinci dengan data sebagai berikut. (1) pemanfaatan website isigood.com oleh pembaca sebesar 73,4%. (2) sumber belajar mendukung atau memudahkan proses belajar sebesar 79,8%. (3) ekonomis sebesar 79,8%. (4) praktis dan sederhana sebesar 72,2%. (5) mudah diperoleh sebesar 73,8%. (6) fleksible atau compatible sebesar 82,3%. (7) relevan sebesar 76,9%. (8) efisien dan efektif sebesar 67,3%. (9) memiliki nilai positif sebesar 81,7%. (10) sesuai dengan interaksi dan strategi sebesar 74,3%. (11) sumber belajar dapat memotivasi sebesar 74,3%. (12) sumber belajar untuk tujuan pengajaran sebesar 77,9%. (13) sumber belajar untuk memecahkan masalah sebesar 79,3%. (14) sumber belajar untuk presentasi sebesar 80,4%. (15) non-kurikuler sebesar 80,1%. Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan website isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah optimal.
Kata kunci: sumber belajar, website, Isigood.com, non-kurikuler.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter