PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN FAMILY DEVELOPMENT SESSION DI BBPPKS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat diklat FDS di BBPPKS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan diklat FDS meliputi analisis kebutuhan diklat yang telah disusun oleh Pusdiklat Kesejahteraan Sosial dan BBPPKS Yogyakarta sebagai penyelenggara, 2) Pelaksanaan diklat meliputi registrasi peserta, pengarahan teknis dari panitia, pra test, acara pembukaan, penyampaian materi, praktik belajar lapangan, purna test dan evaluasi penyelenggaraan, 3) Proses evaluasi diklat terdiri dari dua tahap, yaitu evaluasi yang dilaksanakan ketika diklat berlangsung dan evaluasi dampak diklat, 4) Faktor pendukung yaitu: sarana prasarana diklat dan media pembelajaran lengkap, fasilitator yang berkompeten, serta kinerja panitia yang cukup baik. Faktor penghambat yaitu: pendistribusian media pembelajaran kurang lancar, kurang disiplinnya peserta, adanya peserta yang hamil, modul dan alat peraga materi disabilitas dan lansia kurang lengkap serta waktu istirahat yang kurang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.