PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CATUR TUNGGAL 7
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Catur Tunggal 7 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data hasil observasi diolah dengan analisis kualitatif, sedangkan data berupa hasil tes diolah dengan analisis kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Catur Tunggal 7 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswasebesar 11,03%.Penilaian keaktifan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keseluruhan 62,68%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase keseluruhan sebesar 73,71%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa, pada siklus I diperoleh nilai sebesar 62% (16 siswa), dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar 77% (20 siswa).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.