PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD KANISIUS KINTELAN 1 YOGYAKARTA

Yudha Adhi Prakosa, , Indonesia

Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas IV SD Kanisius Kintelan 1 Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Kegiatan Penelitian berlangsung dua siklus dimulai dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Metode pengumpulan data yang diajukan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS pada siswa di kelas IV SD Kanisius Kintelan 1 Kecamatan Mergangsan kota Yogyakarta dengan menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan kelas pada tahap pra tindakan sebanyak 6 siswa (30%), pada siklus I sebanyak 13 siswa (65%), dan pada siklus II sebanyak 20 siswa (100%) dengan nilai rata-rata kelas yang terus meningkat pada tahap pra tindakan mencapai angka 65,25, pada tahap siklus I mencapai angka 71,25, dan pada tahap siklus II mencapai angka 82,75.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter