PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE UNTUK MENGENAL ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B TK INDRIYASANA PUGERAN
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan alat permainan edukatif puzzle yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas untuk mengenalkan angka 1-10 pada siswa kelompok B di TK Indriyasana Pugeran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan memodifikasi model Borg & Gall dan Dick & Carey. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada 9 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan; (4) uji coba awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba lapangan; (7) revisi produk utama; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa alat permainan edukatif puzzle angka yang telah dikembangkan melalui serangkaian validasi ahli dan uji coba kepada siswa dinyatakan layak. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi mendapatkan skor 4,35 masuk dalam kategori sangat layak dan penilaian ahli media tahap akhir memperoleh skor 4,78 masuk dalam kategori sangat layak. Pada tahap uji coba lapangan awal melibatkan 4 siswa diperoleh hasil persentase sebesar 82,5% sehingga memenuhi kriteria layak. Pada tahap uji coba lapangan yang melibatkan 8 siswa diperoleh persentase 90% dan memenuhi kategori layak. Pada tahap uji coba lapangan operasional yang melibatkan 16 siswa, memperoleh 92,5% masuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Alat Permainan Edukatif Puzzle Angka ini layak untuk digunakan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.