PENGEMBANGAN MODUL POP-UP MUATAN LOKAL BAHASA JAWA “WAYANG PANDAWA” UNTUK SEKOLAH DASAR

Vivi Isniati Kuswardani, , Indonesia

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul pop-up muatan lokal bahasa jawa “wayang pandawa” yang layak untuk siswa kelas III SD Negeri Kotagede I Yogyakarta, yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan metode dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pop-up layak untuk digunakan, hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk yang telah dilakukan ahli materi menunjukkan bahwa modul pop-up sangat baik (4,6), hasil penilaian produk ahli media menunjukkan bahwa modul pop-up sangat baik dengan skor rata-rata (4,6), hasil uji coba lapangan awal layak dengan skor rata-rata (0,93), hasil uji coba lapangan layak dengan skor rata-rata (0,98) dan hasil uji coba pelaksanaan lapangan layak dengan skor rata-rata (1).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter