PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANGGULANOM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran CD Interaktif untuk meningkatkan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulanom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulanom sebanyak 19 siswa. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif analisis komparatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD Interaktif mampu meningkatkan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tanggulanom Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada keadaan awal siswa sebanyak 4 siswa (21,05%), pada siklus I sebanyak 14 siswa (73,68%), dan pada siklus II sebanyak 19 siswa (100,00%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.