PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN” MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MAGELANG

Lia Endah Kusnawati,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang layak digunakan untuk
mata pelajaran Biologi kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan materi “Struktur dan Fungsi Organ
Tumbuhan” ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan, dan aspek pemrograman.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan menurut Borg & Gall. Prosedur penelitian
meliputi pencarian data awal, perencanaan, pengembangan rancangan produk, uji coba produk awal,
revisi produk awal, uji coba produk lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba
produk lapangan operasional, dan revisi akhir produk. Produk awal dinilai dan divalidasi oleh ahli materi
dan media. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 11 Magelang. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan angket. Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Pada validasi
ahli media dan validasi ahli materi, multimedia pembelajaran struktur dan fungsi organ tumbuhan
mendapatkan hasil penilaian “Baik”. Uji coba lapangan awal dengan dengan hasil respon “Sangat Baik”.
Uji coba lapangan utama dengan hasil respon “Sangat Baik”. Uji coba produk lapangan operasional
dengan hasil “Baik”.
Kata kunci: Multimedia, Pembelajaran, Biologi
Abstract
This research aims to create multimedia learning used for subjects Biology Junior High School
eighth grade with the matter “Structure and Function of Plant Organ”. This research used research
development according to Borg & Gall. Research procedure include data search, planning, the
development of product design, preliminary field testing, final product revision. Initial products are
assessed and validated by expert of material and media expert. Subject of this research are junior high
school eighth grade 11 Magelang. Data collection technique used observation, interviews and
questionnaires. Analysis of data is a quantitative descriptive. On validation of media expert and material
expert, multimedia learning structure and function of plant organ gets assessment “good”, preliminary
field testing that is an “very good” category, main field testing that is an “very good” category and
operational field testing that is an “good” category.
Keyword : Multimedia, Learning, Biology

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter