PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) DI KELAS II B SEKOLAH DASAR NEGERI SERAYU YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan
saintifik (Scientific Approach) di kelas II B Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu pendidik kelas II B, peserta didik
kelas II B, dan Kepala Sekolah SD Negeri Serayu. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman
observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data
menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan Scientific sudah dilaksanakan secara keseluruhan. Namun pada pelaksanaannya belum
semua sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103
Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang meliputi 5M
yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar atau asosiasi, dan mengkomunikasikan. Pada persiapan
pembelajaran, pendidik telah rutin membuat RPP. Pendidik telah melaksanakan tahap-tahap pembelajaran
dengan pendekatan Scientific. Namun, pada pelaksanaannya tahap-tahap tersebut diterapkan secara acak
dan tidak berurutan. Pada evaluasi hasil pembelajaran kelas II B Sekolah Dasar Negeri Serayu dilakukan
pada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan
rubrik penilaian yang diperoleh melalui penilaian representatif atau tes awal, kemudian penilaian dalam
proses, dan penilaian akhir.
Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendekatan Scientific, Sekolah Dasar
Abstract
This research aims to describe the implementation of learning by Scientific Approach at 2th B grade of
Sekolah Dasar Negeri Serayu Yogyakarta. This research used qualitative approach. The research subject was 2th B
grade teacher, 2th B grade students, and headmasters of school SD Negeri Serayu. The research instrument used
observation, interview, and documentation. The data were analyzed using descriptive qualitative. The results of this
research showed that learning of implementation by scientific approach optimum realized. This condition proved
the implementation of learning by scientific approach appropriate with the Law Ministry of Education and Culture
RI No. 103 2014 about Learning Elementary School and Junior Hight School of observation, questioning,
experimenting, associating, networking. The preparations of learning, the teacher always make RPP and
implementation of learning phase by Scientific Approach. But, this implementation phase applied that disordered.
The evaluation result of learning at 2th B grade of SD Negeri Serayu of three aspect that afective, cognitive, and
psikomotoric. The assessment the result show that representative assessment, inside process assessment, and finaly
assessment.
Key Word: Learning Implementation, Scientific Approach, Elementary School.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.