PENERAPAN PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM SERIAL FILM UPIN DAN IPIN

Fajar Purwaka,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan prinsip-prinsip desain pesan
pembelajaran yang meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip penggunaan alat pemusat perhatian,
prinsip partisipasi aktif penonton, prinsip umpan balik, dan prinsip perulangan dalam serial film Upin dan
Ipin session 1.
Jenis penelitian ini adalah analisis isi. Obyek analisis dalam penelitian ini adalah serial Upin dan
Ipin Session 1, terdiri atas enam episode. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar koding (coding
sheet). Teknik analisis data yang dipakai adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Upin dan Ipin Session 1 menerapkan prinsip-prinsip
desain pesan pembelajaran. Prinsip desain pesan pembejaran yang diterapkan adalah prinsip kesiapan dan
motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif penonton, umpan balik, dan perulangan.
Bentuk penerapan prinsip kesiapan dan motivasi berupa pengenalan karakter utama di setiap awal
episode, menampilkan judul episode, pengkondisian penonton, memberikan pengantar cerita, dan
mengenalkan character objective atau misi karakter utama. Bentuk penerapan prinsip penggunaan alat
pemusat perhatian berupa daya tarik karakter berupa karakter yang atraktif, daya tarik rasa takut berupa
adegan yang menampilkan rasa takut karakter utama akan misi yang akan dipikulnya, daya tarik humor,
daya tarik kesalahan berupa kesalahan yang dibuat oleh Upin dan Ipin yang berpotensi menggagalkan
puasanya, dan anthropomorphic berupa karakter asap seolah-olah hidup dan ayam yang bertingkah
selayaknya manusia. Bentuk penerapan prinsip partisipasi aktif penonton berupa direct address. Lewat
teknik direct address, Upin menginstruksikan penonton untuk duduk sebelum menonton. Bentuk
penerapan prinsip umpan balik dalam serial Upin dan Ipin session 1 meliputi umpan balik yang
informatif, umpan balik peringatan, dan umpan balik motivasi. Umpan balik informatif berupa jawabanjawaban
Opah atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Upin dan Ipin mengenai puasa Ramadhan.
Umpan balik peringatan berupa peringatan Mei-mei kepada Upin dan Ipin agar tidak makan dan minum
saat puasa meskipun tidak ada orang yang tahu. Umpan balik motivasi berupa dorongan Opah kepada
Upin dan Ipin agar mereka berpuasa secara ikhlas. Bentuk penerapan prinsip perulangan dalam session 1
berupa perulangan informasi mengenai waktu berbuka dan mengenai hukum berpuasa setengah hari.
Kata kunci: Upin dan Ipin, prinsip desain pesan, desain pesan pembelajaran
Abstract
This study aims to determine the form of the application of the principles of instructional message design
that includes the principles of readiness and motivation, the principle of attention, the principle of the active
participation of the audience, the feedback principle, and the principle of repetition in the film series Upin and Ipin
session 1. This type of research is content analysis. The object of analysis in this study is the series Upin and Ipin
session 1, consisting of six episodes. Data collection techniques using coding sheet. The data analysis technique
used is descriptive. The results showed that the film series Upin and Ipin session 1 apply the principles of
instructional message design. Instructional message design principles are applied is the principle of readiness and
motivation, attention, the active participation of the audience, feedback and iteration. Form of application of the
principle of readiness and motivation in the form of the introduction of the main character in the beginning of each
episode, featuring the episode title, conditioning the audience, gives an introduction to the story, and introduces the
character objective or mission of the main character. The form of the application of the principle of attention in the
form of the appeal of the character of the character attractive, attractiveness fear of a scene featuring the fear of
the main characters will be a mission that will carry it, the appeal of humor, the appeal of errors such as mistakes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter