PENGARUH PENGGUNAAN ANEKA SUMBER BELAJAR TERINTEGRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII DI MTs ANWAR FUTUHIYYAH NGEMPLAK, SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aneka sumber belajar
terintegrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas
VIII di MTs Anwar Futuhiyyah, Ngemplak, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen dengan pola replication design (teknik pengulangan). Subjek penelitiannya
adalah siswa kelas VIII di MTs Anwar Futuhiyyah Ngemplak, Sleman yang berjumlah 19
anak. Replikasi atau pengulangan dilakukan sebanyak dua kali dengan treatment yang
berbeda. Treatment pertama berupa penggunaan aneka sumber belajar tidak terintegrasi pada
materi cahaya, sedangkan treatment kedua adalah penggunaan aneka sumber belajar
terintegrasi pada materi alat optik. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan
instrumen berupa tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan menggunakan statistik
inferensial dengan perhitungan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
aneka sumber belajar terintegrasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di MTs Anwar Futuhiyyah. Hal ini terbukti nilai rata-rata replikasi kedua lebih
tinggi (pre-test = 33,8 dan post-test = 73,45) dibandingkan dengan replikasi pertama (pre-test
= 32,5 dan post-test = 64,07). Bila dilihat dari perhitungan uji-t dihasilkan nilai sig < taraf sig
(0,00 < 0,05) dengan thit -3,39.
Katakunci: penggunaan aneka sumber belajar terintegrasi, hasil belajar, IPA
Abstract
This study aims to determine the effect of using a variety of learning resources
integrated to the learning outcomes of students in natural science subjects in the junior class
VIII Anwar Futuhiyyah, Ngemplak, Sleman. This study was an experimental study with
replication pattern design (the technique of repetition). Subject of research is a class VIII
student in MTs Anwar Futuhiyyah Ngemplak, Sleman which amounts to 19 children.
Replication or repetitions done twice with different treatment. The first treatment in the form
of the use of a variety of learning resources are not integrated in a light material, while the
second treatment is the use of a variety of learning resources integrated in the material of
optical devices. Measurement of learning outcomes is done by using the instrument in the
form of multiple choice tests. Data analysis was performed using inferential statistical t-test
calculation. The results showed that the use of a variety of integrated learning resources
have an impact on student learning outcomes in science subjects in MTs Anwar Futuhiyyah.
This proved an average value of replication both higher (pre-test = 33.8 and post-test =
73.45) compared with the first replication (pre-test = 32.5 and post-test = 64.07). When
viewed from the t-test calculations generated sig <level sig (0.00 <0.05) with thit -3.39.
Keywords: the use of a variety of integrated learning resources , learning outcomes , IPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.