PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN GARUNG WONOSOBO

DELA WAY REZA,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran IPA dengan materi ciri-ciri dan kebutuhan mahluk hidup, kesehatan lingkungan, berbagai sifat benda terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Garung Wonosobo.
Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment. Desain yang digunakan adalah pre-test post-test control group desain. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan pedoman wawancara. Uji validitas dan Realibitas soal dilaksanakan di kelas III SD Negeri Karangasem, Condongcatur, Sleman dengan perhitungan kurikulum yang digunakan sama. Prosedur pelaksanaan eksperimen yakni tahap pra eksprimen, tahap eksperimen dan pasca eksperimen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan SPSS for Windows ver. 16.0.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Garung Wonosobo. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi treatment sebesar (58,7) setelah diberikan treatment hasil belajar mengalami peninggkat sebesar (25,8) yang menunjukan hasil (84,5) pada hasil post-test, dengan ketuntasaan ini menunjukan bahwa penggunaan multimedia mampu memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar hal tersebut terlihat dari mengingkatnya presentase ketuntasan siswa sebesar (93,27%). Maka dapat dikatakan bahwa multimedia memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Garung Wonosobo.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Hasil Belajar, Siswa SD
Abstract This study aims to determine the effect of multimedia learning science with material characteristics and needs of living beings, environmental health, the various properties of the material to the learning outcomes of students of class III SDN Garung Wonosobo. This research method is quasi experiment. The design used is a pre-test post-test control group design. The instruments used in data collection using the test and interview guidelines. Realibitas about the validity and implemented in class III Elementary School Karangasem, Condongcatur, Sleman with calculations that use the same curriculum. The implementation of the experimental procedure pre experiment, experiment and post experimental stage. The data analysis using descriptive analysis with SPSS for Windows ver. 16.0.0. The results showed that there was influence multimedia learning on learning outcomes of students in science subjects of class III SDN Garung Wonosobo. This is evident from the average value of the pre-test students before given treatment equal to (58.7) after being given treatment peninggkat learning outcomes experienced by (25.8) that show the results (84.5) on the post-test results, with ketuntasaan This shows that the use of multimedia is able to provide a positive influence on learning outcomes it is visible from escalating percentage of completeness students (93.27%). It can be said that multimedia influence on student learning outcomes Class III SDN 2 Garung Wonosobo.
Keywords: Multimedia Learning, Learning Outcomes, Elementary Students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter