PENGARUH PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JETIS BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran “gejala
alam” terhadap hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri 1 Jetis Bantul
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment design, dengan subjek penelitian siswa kelas IV
SD, yang berjumlah 30 orang siswa kelompok kontrol dan 30 orang siswa kelompok eksperimen. Desain
yang digunakan Post-Test only control group design. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media video “Gejala Alam” terhadap
hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Hal
ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung lebih
besar dari ttabel(2,9 >2,002).
Kata kunci: video pembelajaran, hasil belajar kognitif, muatan Bahasa Indonesia, siswa kelas IV SD
Abstract
This study aims to determine the effect of the use of instructional video media "a natural phenomenon" on
the cognitive learning Indonesian cargo in primary school fourth grade Jetis Bantul, Yogyakarta.
This type of research is true experimental research design, with research subjects fourth grade students,
who were 30 students and a control group of 30 students experimental group. The design used Post-test
only control group design. Methods of data collection using tests and documentation. Analysis of data
using statistical parametric t test.
The results showed that there is influence of the use of video media "Gejala Alam" on the cognitive
learning Indonesian cargo in primary school fourth grade Jetis Bantul, Yogyakarta. This is indicated by
the results of calculations using the t test, with α = 0.05 was obtained t greater than ttable (2.9> 2.002).
Keywords: video learning, cognitive learning outcomes, cargo Indonesian, fourth grade
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran “gejala
alam” terhadap hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri 1 Jetis Bantul
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperiment design, dengan subjek penelitian siswa kelas IV
SD, yang berjumlah 30 orang siswa kelompok kontrol dan 30 orang siswa kelompok eksperimen. Desain
yang digunakan Post-Test only control group design. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media video “Gejala Alam” terhadap
hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD Negeri 1 Jetis Bantul Yogyakarta. Hal
ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung lebih
besar dari ttabel(2,9 >2,002).
Kata kunci: video pembelajaran, hasil belajar kognitif, muatan Bahasa Indonesia, siswa kelas IV SD
Abstract
This study aims to determine the effect of the use of instructional video media "a natural phenomenon" on
the cognitive learning Indonesian cargo in primary school fourth grade Jetis Bantul, Yogyakarta.
This type of research is true experimental research design, with research subjects fourth grade students,
who were 30 students and a control group of 30 students experimental group. The design used Post-test
only control group design. Methods of data collection using tests and documentation. Analysis of data
using statistical parametric t test.
The results showed that there is influence of the use of video media "Gejala Alam" on the cognitive
learning Indonesian cargo in primary school fourth grade Jetis Bantul, Yogyakarta. This is indicated by
the results of calculations using the t test, with α = 0.05 was obtained t greater than ttable (2.9> 2.002).
Keywords: video learning, cognitive learning outcomes, cargo Indonesian, fourth grade
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.