PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF RUMAH KATA UNTUK ANAK TK KELOMPOK B
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif yang layak digunakan
untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosi anak TK
Pertiwi Tampirwetan kelompok B, Candimulyo, Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari sepuluh langkah penelitian dan
pengembangan Borg & Gall. Langkah yang ditempuh peneliti hanya tujuh langkah yaitu: 1) penelitian
awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan
awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan utama, 7) penyempurnaan produk akhir. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan observasi. Kelayakan produk
didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan anak sebagai pengguna. Data hasil angket ahli
dan anak dianalisis dengan konversi skala lima.
Hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,3 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian
dari ahli media mendapatan rerata skor 4,09 dengan kriteria sangat baik, dan rata-rata penilaian pada uji
lapangan utama 3,98 dengan kriteria baik, sehingga secara keseluruhan produk alat permainan edukatif
Rumah Kata hasil pengembangan dikatakan layak untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar
motorik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosi anak TK Pertiwi Tampirwetan kelompok B.
Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Rumah Kata , Anak TK Kelompok B
Abstract
Purpose of the development research is to create educational game tool that suitable to use as a medium
learning to a child kindergarten pertiwi tampirwetan group b , candimulyo , magelang . The steps of the
research design used R&D model according to Borg and Gall, consist of research dan information collecting,
planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing,
operational product revision, operational field testing, final product revision. The subjects of this research include
material expert, media expert and students of a child kindergarten at TK Pertiwi Tampirwetan, Candimulyo,
Magelang. The research is research development adopted from ten steps research and development borg
& amp; gall .Step taken researchers only seven steps namely: 1 early research and information collection
, 2 ) planning , 3 of the development of products the beginning , 4 ) the trial of the field early , 5 ) the
revision of the results of the trial , 6 ) the trial main field , 7 ) the improvement of the final product
.Research instruments used is guidelines , poll , and observation .The feasibility of products based on
expert assessments of material , media experts , and children as the user . The techniques of data collection
used observation, interview and questionnaire with the techniques of quantitative descriptive data analysis. Result
from media expert get 4,3 and counted in very well category. Result from material expert get 4,09 and counted in
very well category.
Keywords: Educative Game Tools, Rumah Kata, a child kindergarten
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.