PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA MODUL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 8 BANJAR KOTA BANJAR PATROMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan media modul serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan
menghambat pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul di SDN 8 Banjar
Kota Banjar Patroman.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber
data dalam penelitian ini dijadikan tujuh orang narasumber yakni kepala sekolah dan guru kelas I-VI,
dengan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu,
dimana peneliti ingin melihat bagaimana implementasi pembelajaran dengan menggunakan modul
secara mendalam berdasarkan situasi/keadaan yang ada di kelas I-VI SDN 8 Banjar Kota Banjar
Patroman. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan
media modul, meliputi beberapa langkah-langkah seperti: persiapan bahan ajar, memberikan
latihan/tugas dan mengevaluasi hasil belajar. (2) peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan media modul, guru sebagai orang yang menjembatani dan memotivasi siswa agar bisa
lebih memahami dan mengerti akan materi pelajaran menggunakan media modul tersebut. (3) Faktor
internal dan eksternal yang mendukung pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media
modul meliputi beberapa faktor yaitu, faktor internal: faktor persiapan mental, kesesuaian tugas
pembelajaran, tanggung jawab tugas pembelajaran, penguasaan bahan ajar, kondisi fisik pengajar,
motivasi pengajar dalam bekerja. Sedangkan faktor eksternal: faktor lingkungan alam/keadaan alam,
keluarga, pergaulan, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah. (4) Faktor yang menghambat
pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media modul meliputi beberapa faktor yaitu, faktor
internal: kurang meratanya siswa dalam kemampuan menerima dan memahami pelajaran yang
disampaikan oleh guru, masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang
pendidikannya, kurangnya sumber pengajar/guru. Sedangkan faktor eksternal: keterbatasan biaya.
Kata Kunci : Pelaksanaan Pembelajaran, Media Modul, Sekolah Dasar.
Abstract
This study aims to describe the teaching implementation using modul and to describe factors
which are supporting and challenging the teaching implementation using modul in Elementary
School 8 Banjar Banjar Patroman Town.
The study can be categorized as descriptive method. The techniques used to collect the data
were observation, interview, and documentation. The sources of the data were seven interviewees
such as the headmaster and teachers of first-sixth grades, and it used sampling purposive technique,
the technique of determining sampling with some consideration. The data analysis was through
qualitative descriptive analysis technique, by data reducing, data presentation and conclusion.
The results of the study are: (1) the teaching implementation using module began with
preparing some teaching materials and understanding the material would be given to students first.(2) teacher roles in the teaching implementation using modul, the teachers were the ones who
bridged and motivates students to understand more the materials which are taught by using
themodules.(3) internal and external factors supporting the teaching implementation using modules
such as, internal factors: mentality factors, tasks of teaching suitness factors, responsibility of
taskfactors, teaching material mastering factors, teacher's physical factors, teacher motivation
factors. (4) external factors: environment factors, family factors, socializing factors, society factors,
school environment. Factors.internal and external factors which challenged the teaching
implementation using modules including some factors, internal factors: not every studentswhocould
understand the materials, the existence of some teachers who had irrelevant background with their
lessons, the lackness of teachers in the school.
Key words : Teaching Implementation, Modules, Elementary School.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.