PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK SEBAGAI PENUNJANG BAHAN AJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI PATUK 1 GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Tematik yang layak digunakan sebagai penunjang
bahan ajar siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research
and Development menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall. Subjek dalam
penelitian ini terbagi menjadi dua yakni subjek uji coba ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media, serta subjek
uji coba produk yaitu siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul yang berjumlah 27 orang. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumenter, dengan instrumen
pengumpulan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis
data penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa produk Modul Tematik dinyatakan layak digunakan sebagai penunjang bahan ajar untuk siswa
kelas I. Kelayakan produk Modul Tematik didasarkan pada hasil validasi materi, hasil validasi media dan hasil
penilaian siswa pada uji coba produk di lapangan yang memperoleh rata-rata skor dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Modul Tematik, Bahan Ajar, Siswa Kelas I
Abstract
This research aim to produce Thematic Module that is used proper for 1st grade elementary
school Patuk 1 Gunungkidul, as supporting learning materials. Type of this research is research and
development that using procedure of Borg and Gall research and development. Subject of this research
divided into two trials, subject matter expert that includes material expert and media expert, and product
field tester are 27 students in 1st grade SDN Patuk 1 Gunungkidul. Methods of collecting data are
observation, interview, questionnaire and documentary studies, with data collection instruments are
observation, interview guide, questionnaires and field notes. Researh data analysis techniques using
quantitative descriptive data analysis techniques and qualitative descriptive. The result of research shows
that Thematic Module product is proper to used as supporting learning materials for 1st grade. The
Thematic Module product proper based on results from material validation, media validation, and
operational field testing gets score average for excellent category.
Keyword: Thematic Module, Learning Materials, 1st Grade
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.