PENGEMBANGAN VIDEO INSTRUKSIONAL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Dwiky Novitasari, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian pengembangan video bertujuan untuk menghasilkan produk video instruksional pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament yang layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan (research and development) Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 9 tahap. Subjek uji coba sebanyak 35 mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang diuji cobakan sebanyak 3 tahap. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket, serta pre test dan post test. Hasil penilaian produk oleh ahli materi mendapat skor 4,25 dengan kategori baik, hasil penilaian produk oleh ahli media mendapat skor 4,61 dengan kategori sangat baik, hasil uji pelaksanaan lapangan mendapat skor 4,32 dengan kategori sangat baik. Adanya peningkatan nilai pre test ke post test sebesar 8,57 atau 85,7% menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter