PEMANFATAAN OUTBOUND “PIPA BOCOR” SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH ALAM BENGAWAN SOLO (SAB) KLATEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outbound permainan pipa bocor sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Alam Bengawan Solo Klaten. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen, dengan desain One Group Pretest-Posttest. Variabel perlakuan dalam penelitian ini adalah outbound dan variable utama adalah berpikir kritis. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di Sekolah Alam Bengawan Solo (SAB) Klaten sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dinyatakan dalam bentuk Skala Guttman dan studi dokumenter. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Paired-Samples T-test. Hasil penelitian diperoleh nilai -2,228 dimana berada diluar dari daftar penerimaan antara -2,080 dan + 2.080 dengan nilai signifikansi (p = 0,037 < 0,05), maka dapat dikatakan terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.