IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR WILAYAH SINDUHARJO, KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pendidikan karakter di sekolah dasar Wilayah Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wali kelas dua, wali kelas empat, dan siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perencanaan pendidikan karakter diintegrasikan melalui pengembangan budaya sekolah pada kegiatan sehari-hari, kegiatan ekstrakulikuler pada kegiatan yang di programkan, dan kegiatan belajar mengajar yang dituangkan dalam RPP. (2) pembelajaran pendidikan karakter menggunakan model terintegrasi pada semua bidang studi dan model di luar pembelajaran, serta metode yang digunakan guru meliputi metode demokratis, pencarian bersama, siswa aktif, keteladanan dan live in. (3) penilaian pendidikan karakter dilakukan oleh guru berdasarkan proses kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan luar kelas yang berpatokan pada tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.