PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN UNSUR INTRINSIK TEKS NARATIF KELAS III SDN PERCOBAAN 2

Arni Sukma Senia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
C. Asri Budiningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa puzzle Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas III di SDN Percobaan 2 Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4D Holistik Reigeluth (Define, Design, Develop, Deploy) yang dimodikasi hingga tahap develop atau pengembangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawanacara, kuesioner dan dokumentasi. Instrumen melibatkan ahli validator, peserta didik dan pendidik. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan valid dengan skor akhir 87,5% oleh ahli materi dan 88,33% oleh ahli media, dengan peningkatan signifikan setelah revisi; dan (2) media dinyatakan sangat praktis berdasarkan penilaian guru (92,50%) dan peserta didik (82,03%). Media puzzle terbukti valid dan praktis digunakan untuk meningkatkan pemahaman unsur intrinsik dalam teks naratif kelas III SDN Percobaan 2 Sleman.

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, D. C. A. (2008). Teori Belajar dan Motivasi. 1–124.

Haisam Arrasyid, A., Rimanda, R., Puadah, U. S., & Aeni, A. N. (2022). Sharing Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Islami. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 99–103. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.468

Nurul Mujtahidah, Yusuf, M., Guntur, M., & Aswar, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Kreatif Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 05 Salamae Kota Palopo. Jurnal Konsepsi, 12(4 SE-Daftar Artikel), 53–61. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/a rticle/view/288

Reigeluth, C. M., & An, Y. (2020). Merging the instructional design process with learner-centered theory: The Holistic 4D Model. In Merging the Instructional Design Process with Learner-Centered Theory: The Holistic 4D Model. Routledge. Retrieved from https://doi.org/10.4324/9781351117548

Romdona Siti, & Dkk. (2025). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/zk322946

Saputra, H. (2021). Penggunaan Media Puzzle dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 01 No.01(December), 01–09.

Syamsiani, D. B. (2024). Pengembangan Media Puzzle Gambar Berseri Untuk Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas IV SDN Tanjung Mas. Jurnal Prodipgmial - Misbah V, 10(No.01), 119– 134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter