CHATGPT SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MANDIRI MAHASISWA
Estu Miyarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan ChatGPT sebagai inovasi pendidikan terhadap motivasi belajar mandiri mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa angket tertutup. Sampel penelitian berjumlah 288 mahasiswa yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen terdiri dari 16 item yang mengukur dua variabel, yaitu penggunaan ChatGPT dan motivasi belajar mandiri. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara penggunaan ChatGPT dan motivasi belajar mandiri, dengan kontribusi sebesar 36%. Sebanyak 63,7% mahasiswa menggunakan ChatGPT pada tingkat tinggi, sementara 68,5% memiliki motivasi belajar mandiri yang juga tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa ChatGPT dapat menjadi alternatif teknologi pembelajaran yang efektif, selama digunakan secara bijak dan tidak mengurangi kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2022). Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar mahasiswa di Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Satya Widya, 38(1), 57–67.
Cahyanto, H. N., Pamungkas, P., & Zulkarnain, O. (2024). Pengaruh penggunaan ChatGPT terhadap kemandirian mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akademik. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 930– 935.
Daheri, M., Cendrawati Ramli, A., Resky, M., Selatan, S., Rokania, S., Rambah Samo, K., Rokan Hulu, K. (2023). Motivasi belajar peserta didik di era new normal. Journal on Education, 5(3), 9640–9649.
Husnaini & Madhani, R., A. (2024). Peran ChatGPT sebagai alat bantu pembelajaran interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 34–45.
Nando Haviki, Siswanto, Novalia, Nuriska Jumaini, N. P. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Chat GPT dalam menunjang pembelajaran di IAIN Curup. Pendidikan Guru 2024, 5, 1–16.
Rizki, M. W., Evendi, E., Syukri, M., Saminan, S., & Mursal, M. (2023). Impact of changes in the learning system on students’ learning motivation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1059–1063.
Wahyudi, R., Anori, S., Hidayat, H., Irfan, D., Pezo, E., & Feng, X. (2024). The Impact of Self-Directed Learning on Student Motivation and Creativity in Electronics Education. A Correlational Study. 2(3), 245–261.
Refbacks
- There are currently no refbacks.