PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR AKSARA JAWA TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY BAGI SISWA

Asri Puspita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media KAPITARA terintegrasi Augmented Reality (AR) yang layak dan praktis untuk pembelajaran aksara Jawa bagi siswa kelas IV SD. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dan dilakukan di SD Negeri 1 Petir Piyungan Bantul. Subjek terdiri dari 4 siswa uji coba terbatas dan 16 siswa uji coba lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket, lalu dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan teknik perhitungan rerata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media KAPITARA yang dikembangkan telah dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Hal ini dibuktikan melalui hasil validasi oleh ahli materi dengan skor rata- rata 3,77 dan oleh ahli media dengan skor 3,96, yang keduanya termasuk kategori “sangat layak”. Selain itu, penilaian dari guru memperoleh skor rata-rata 3,78, sementara uji coba terbatas oleh siswa memperoleh skor 0,90 dan uji coba lapangan sebesar 0,93, yang menunjukkan bahwa media ini tergolong “sangat praktis”.


Full Text:

PDF

References


Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698

Daniyanti, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Hasyim, U. (2024). Pengembangan Kartu Edukasi Aksara Jawa Pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Madrasah Ibtidaiyah.

Khoirullah, M. A., Hikam, S. R., & Kusmawati, H. (2023). Implementasi Media Smart card (Kartu Pintar) dalam Pembelajaran Tematik ii Kelas IV di MI Maslakul Huda Gunung Sari. Journal of Student Research, 1(1), 303–312. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.998

Latuwael, A., Murniarti, E., & Tampubolon, H. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Budaya Lokal Halmahera Di Sma Negeri 1 Halmahera Utara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 3(11), 5091–5107.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.

Wijayanti, R., Rahadini, A. A., & Sulaksono, D. (2024). Media Pembelajaran Kaligrafi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat dan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Aksara Jawa. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(1), 59. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v8i1.74113

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Zamhari, Noviani, D., & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter