PENGEMBANGAN APE GEOMATRICAL FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI

Kartika Amalia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Deni Hardianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan APE Geomatrical Flash Card yanglayak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas VSDIT Al Ikhwan pada materi geometri bangun datar dan bangun ruang. Metode yangdigunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE.Produk berupa media pembelajaran berbasis permainan edukatif dikembangkan dandiuji kepraktisannya kepada 37 peserta didik, yang terbagi dalam uji kepraktisanmenurut peserta didik one-to-one trial, small group trial, dan field trial. Hasilvalidasi menunjukkan tingkat kelayakan “Sangat Layak” dari ahli materi denganskor sebesar 97,5% dan ahli media dengan skor sebesar 98,86%, serta hasil ujikepraktisan dengan kategori “Sangat Praktis” menurut guru dengan skor 100% danmenurut peserta didik sebesar 86% dalam field trial. Uji efektivitas menggunakanN-Gain menghasilkan skor 59%, yang termasuk pada kategori “Cukup Efektif”.Dengan demikian, APE Geomatrical Flash Card dinyatakan layak, praktis, danefektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran geometri untuk peserta didikkelas V SDIT Al Ikhwan.

Full Text:

PDF

References


Asihaningtyas, F., Rosnaningsih, A., & Nurfadhillah, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Bergambar untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas 3 di SD Negeri Malangnengah II. IKRA-ITH HUMANIORA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 7(3), 1–8. Retrieved from https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v7i3.3320

Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2), 126–134. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.17

Kemendikbud RI. (2020). Permendikbud No. 11 Tahun 2020. Petunjuk Operasional Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 174, 1–699.

Khaerudin. (2016). Teknik Penskoran Tes Obyektif Model Pilihan Ganda. Jurnal Madaniyah, 2, 185–204.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Nurmadiah, N., & Asmariani, A. (2019). Teknologi Pendidikan. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 61–90. https://doi.org/10.32520/afkar.v7i1.220

Prihandoko, A. C. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas, 59.

Purnama, M. C., Suryandari, K. C., & Suhartono, S. S. (2021). Analisis Minat Belajar dan Gaya Belajar Selama Pandemi Covid-19 Siswa Kelas V SDN 3 Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.52555

Reza Lestari, Habibi, & Syaiful Bastari. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.58222/jurip.v3i1.777

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. In Surya Cahya.

Syarifuddin, & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Bening Media Publishing, 18(1), 64–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter