PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA NEGERI 1 PEJAGOAN

Faikar Abdillah Khairi, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning terhadap kemandirian belajar pelajaran Sosiologi siswa SMA N 1 Pejagoan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experiment dan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 dan 5 sejumlah 60 orang. Kelas XI IPS 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelompok kontrol. yang dipilih melalui purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan rata-rata nilai kemandirian belajar pada kedua kelompok. Perbedaan yang terjadi sebesar 1,10 dengan rincian 69,30 pada kelompok kontrol dan 70,20 pada kelompok eksperimen. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa (Asymp.Sig = 0,003,p < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemberian problem based learning efektif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas XI IPS 4 dan 5 SMA N 1 Pejagoan.
Kata kunci: problem based learning, sosiologi, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter