HAMBATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMP

Dhimas Aji Bayuari Ari Kusuma, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini berutujuan untuk menganalisis tingkat hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 4 Boyolali pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitan kuantitatif berbentuk survey. Tempat penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Boyolali pada bulan April 2021. Jumlah sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 140 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angkat/kuesioner. Untuk pengolahan kuantitatif, Pengolahan data meliputi memeriksa (editing), proses pemberian identitas (coding), pemberian nilai (scoring) dan proses pembeberan (tabulation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20% yang mengalami keterbatasan biaya untuk untuk membeli perlengkapan; 32% siswa memiliki hambatan tidak terbiasa belajar mandiri; 42% siswa mengalami hambatan tidak terbiasa melaksanakan pembelajaran daring; 29% siswa mengalami hambatan keterbatasan sarana komputer/smartphone; 23% siswa mengalami hambatan keterbatasan piranti pendukung; 27% siswa mengalami hambatan keterbatasan jaringan internet; 32% siswa mengalami hambatan keterbatasan teknologi pendukung; 24% siswa mengalami keterbatasan biaya dan tidak terbiasa melaksanakan pembelajaran daring teknologi pendukung yang tepat; 25% siswa memiliki hambatan biaya dan sarana komputer/smartphone; 34% siswa memiliki hambatan keterbatasan biaya dan jaringan internet; dan 34% siswa mengalami hambatan keterbatasan biaya, sarana komputer/smartphone, dan jaringan internet, serta tidak terbiasa melaksanakan pembelajaran daring pada Pembelajaran Biologi.
Kata Kunci: Hambatan, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Biologi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter