PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI DEMANGAN KOTA YOGYAKARTA

Lukluk Suraya Mushliha, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Busy Book yang layak untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas I SD Negeri Demangan Kota Yogyakarta”. Penelitian pengembangan ini mengacu pada teori Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah: research and information collecting, planning, develop preliminary form a product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah validator ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas 1 SD Negeri Demangan Kota Yogyakarta. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Kelayakan media berdasarkan dari validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 4 (80%), validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,9 (78%), hasil penilaian angket guru sebesar 4,26 (85,2%), hasil uji coba lapangan awal kepada siswa kelas I sebesar 100%, serta hasil uji coba lapangan utama kepada siswa kelas I sebesar 100%.
Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, busy book, keterampilan membaca permulaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter