PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI DEMANGAN KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Busy Book yang layak untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas I SD Negeri Demangan Kota Yogyakarta”. Penelitian pengembangan ini mengacu pada teori Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah: research and information collecting, planning, develop preliminary form a product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah validator ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas 1 SD Negeri Demangan Kota Yogyakarta. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Kelayakan media berdasarkan dari validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 4 (80%), validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,9 (78%), hasil penilaian angket guru sebesar 4,26 (85,2%), hasil uji coba lapangan awal kepada siswa kelas I sebesar 100%, serta hasil uji coba lapangan utama kepada siswa kelas I sebesar 100%.
Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, busy book, keterampilan membaca permulaan
Kata kunci: pengembangan media pembelajaran, busy book, keterampilan membaca permulaan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.