PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SENTOLO

Widyastuti Widyastuti, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP N 3 Sentolo. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, 2 guru IPA kelas VII, dan 9 siswa kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yaitu teknik triangulasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif meliputi reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan media ditinjau dari jenis media pembelajaran sudah dimanfaatkan secara variatif dengan menggunakan media audio, visual, audio-visual dan multimedia. Media yang sering digunakan meliputi buku paket, power point, video pembelajaran, google form dan voice note. Ditinjau dari langkah penggunaan media pembelajaran, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. 2) Presepsi siswa, yaitu siswa merasa terbantu jika disajikan meteri menggunakan media pembelajaran dahulu sebelum diberikan soal. 3) Faktor pendukung guru dalam pemanfaatan media adalah kelengkapan fasilitas media yang disediakan sekolah mulai dari media audio, visual, audio visual maupun multimedia. 4) Faktor penghambat guru dalam pemanfaatan media yaitu guru memerlukan waktu tambahan untuk mempersiapkan media pembelajaran dikarenakan guru IPA mengajar 2 jenjang kelas dan pembuatan media membutuhkan waktu yang berbeda-beda.
Kata kunci: Pemanfaatan media, presepsi siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter