IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI POKOH 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi sistem pembelajaran jarak jauh berbasis online, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi sistem pembelajaran jarak jauh berbasis online pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Pokoh 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, dan siswa ditentukan dengan teknik purposive. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran jarak jauh terlaksana dengan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran jarak jauh. Perencanaan pembelajaran jarak jauh disesuaikan dengan keadaan orang tua, diantaranya meliputi perencanaan sumber belajar, kurikulum yang digunakan, model pembelajaran, pelatihan bagi guru, dan sarana prasarana. (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan online, terdapat kendala pada kemampuan orang tua dalam mendampingi siswa melaksanakan kegiatan belajar dan sarana prasarana yang kurang memadai. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan penilaian tertulis maupun lisan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran dilakukan bersama dengan orangtua.
Kata kunci: Covid-19, Pembelajaran jarak jauh, SD Negeri Pokoh 1
Kata kunci: Covid-19, Pembelajaran jarak jauh, SD Negeri Pokoh 1
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.