649 PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANDROID MENGENAL TEKS BERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Christian Abiel Eliezer Mulyono, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas validasi produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis android mengenal teks berita (EKSITA) dilihat dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel yaitu model 4D (Four-D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif yang dihasilkan “Valid” untuk digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambanan Klaten. Dilihat dari aspek kelayakan, produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan rata-rata skor 4,77 (Sangat Layak) oleh ahli materi dan 4,56 (Sangat Layak) oleh ahli media. Sedangkan dari aspek kepraktisan, produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan rata-rata skor 4,6 (Sangat Praktis) oleh guru, 4,04 (Praktis) pada saat uji coba lapangan terbatas, dan 4,22 (Sangat Praktis) pada saat uji coba lapangan operasional. Selain itu, jika dilihat dari aspek keefektifan, produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 11,4. Hal tersebut dilihat dari perbandingan antara hasil pre-test dengan rata-rata nilai 70,6 dan hasil post-test dengan rata-rata nilai 82,0.
Kata Kunci: multimedia pembelajaran interaktif, bahasa Indonesia, teks berita

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter