PEMAHAMAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN JENANGAN

Yusrin Nur Azizah, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pemahaman guru sekolah dasar negeri di kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo terhadap karakteristik peserta didik, (2) mengetahui pelaksanaan analisis karakteristik peserta didik oleh guru, (3) mengetahui penggunaan analisis karakteristik peserta didik untuk kegiatan pembelajaran dan (4) mengetahui adanya faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menganalisis karakteristik peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Subjek penelitian ini adalah 53 guru sekolah dasar di kecamatan Jenangan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor 21,35 (2) tingkat pelaksanaan analisis karakteristik peserta didik oleh guru dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 71,19. (3) penggunaan analisis karakteristik peserta didik untuk proses pembelajaran termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata skor 72,43. (4) berdasarkan angket faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor yang sangat mendukung analisis karakteristik peserta didik adalah guru melakukan komunikasi perkembangan peserta didik kepada orang tua, sedangkan faktor yang sangat menghambat adalah kegiatan pembelajaran banyak dilakukan di dalam kelas saja.
Kata Kunci: karakteristik peserta didik, guru sekolah dasar, proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter