PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD SE-GUGUS NGLORO, SAPTOSARI, GUNUNGKIDUL

Ika Fitri Puspitasari, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru; (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; (3) pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD se-Gugus Ngloro, Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD se-Gugus Ngloro berjumlah 40 guru, yang terdiri atas 5 sekolah yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket yang disebarkan melalui google formulir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan terhadap kinerja guru SD se-Gugus Ngloro, dengan nilai t hitung 4,889 > t tabel 1,686 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru SD se-Gugus Ngloro, dengan nilai t hitung 3,652 > t tabel 1,686 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD se-Gugus Ngloro , dengan nilai F hitung 54,041 > F tabel 3,252, dan nilai sig. 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: pelatihan, motivasi kerja, kinerja guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter