PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI TK MY LITTLE WORLD SCHOOL YOGYAKARTA

Frederica Dayanti Dachi, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran yang ada di TK My Little World School Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran disekolah dilakukan setelah mendapat intruksi dari pemerintah, kemudian guru dan pihak Yayasan bersama menentukan prota, prosem, RPPH, dan RPPM. Metode yang sering digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, karya wisata, dan pemberian tugas dengan model pembelajaran kelompok. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan urutan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pendekatan otentik. Terdapat penilaian insidental dan penilaian berkala. Kemudian evaluasi yang diterapkan adalah evaluasi harian, evaluasi bulanan, evaluasi semester. Kemudian tidak ditemukan faktor penghambat yang signifikan dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Sedangkan perangkat pembelajaran, guru, dan fasilitas menjadi faktor utama dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter