PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGASUHAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR

Achmad Saptiadi, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Hong Kong

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan pengasuhan orang tua siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen One Group Pretest Posttest Design dengan pengambilan data menggunakan tes pada awal sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada responden atau subjek penelitian secara daring melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai rata-rata pengetahuan pengasuhan ersponden setelah diberikan perlakuan (posttest = 3,002) mengalami peningkatan dibanding nilai rata-rata responden sebelum diberi perlakuan (pretest = 1,843). Hasil Uji-T didapati nilai ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 10,981 lebih besar dibanding dengan nilai ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,039 yang berarti ๐ป0 ditolak dan ๐ป1 terima atau terdapat peningkatan pengetahuan pada responden setelah diberikan perlakuan. Peningkatan yang dialami responden dihitung menggunakan Gain Score mendapati nilai 0,537 (peningkatan sedang). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media video pembelajaran memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan pengasuhan dengan kategori sedang pada orang tua siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Media Video Pembelajaran Pengasuhan Positif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter