PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGASUHAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan pengasuhan orang tua siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen One Group Pretest Posttest Design dengan pengambilan data menggunakan tes pada awal sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada responden atau subjek penelitian secara daring melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai rata-rata pengetahuan pengasuhan ersponden setelah diberikan perlakuan (posttest = 3,002) mengalami peningkatan dibanding nilai rata-rata responden sebelum diberi perlakuan (pretest = 1,843). Hasil Uji-T didapati nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 10,981 lebih besar dibanding dengan nilai ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 2,039 yang berarti ๐ป0 ditolak dan ๐ป1 terima atau terdapat peningkatan pengetahuan pada responden setelah diberikan perlakuan. Peningkatan yang dialami responden dihitung menggunakan Gain Score mendapati nilai 0,537 (peningkatan sedang). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media video pembelajaran memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan pengasuhan dengan kategori sedang pada orang tua siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Media Video Pembelajaran Pengasuhan Positif
Kata kunci: Media Video Pembelajaran Pengasuhan Positif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.